Gelombang Mudik Lebaran: Ribuan Penumpang Berangkat dan Tiba di Stasiun KA Daop 8 Surabaya

- 3 April 2024, 13:52 WIB
Ribuan Penumpang Berangkat dan Tiba di Stasiun KA Daop 8 Surabaya
Ribuan Penumpang Berangkat dan Tiba di Stasiun KA Daop 8 Surabaya /PR Jatim/

PR JATIM - Atmosfer di Stasiun Kereta Api (KA) Daop 8 Surabaya begitu ramai. Sebanyak 11.582 pelanggan telah tercatat berangkat menggunakan KA jarak jauh, menandai awal dari gelombang mudik Lebaran yang diprediksi akan semakin meningkat mendekati hari raya. Para penumpang ini memilih kereta sebagai moda transportasi utama mereka untuk merayakan momen sakral bersama keluarga di kampung halaman.

Dari data yang terhimpun, terlihat bahwa stasiun-stasiun dengan okupansi tertinggi adalah Stasiun Surabaya Gubeng, yang melayani 3.418 pelanggan, disusul oleh Stasiun Surabaya Pasarturi dengan 3.396 pelanggan, dan Stasiun Malang dengan 2.201 pelanggan. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk menggunakan layanan KA dalam perjalanan mudik mereka.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, memberikan penjelasan bahwa mayoritas dari para pelanggan tersebut memiliki tujuan ke kota-kota besar seperti Solo, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Cirebon, Jakarta, serta Jember dan Banyuwangi. Fenomena ini menegaskan bahwa tradisi mudik Lebaran masih sangat kental di masyarakat Indonesia, meskipun tersedia banyak alternatif transportasi.

Baca Juga: Badai Matahari Besar Diprediksi Terjadi Bersamaan dengan Puncak Siklus 11 Tahunan

Tak hanya itu, terdapat lima KA jarak jauh yang menjadi favorit di antara penumpang. Di antaranya adalah KA Pasundan Tambahan dengan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong, KA Airlangga dengan relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Tawangalun dengan relasi Malang Kotalama - Ketapang, KA Sembrani dengan relasi Surabaya Pasarturi - Gambir, dan KA Jayabaya dengan relasi Malang - Surabaya - Pasarsenen.

Sementara itu, untuk para pelanggan yang turun di stasiun-stasiun wilayah Daop 8 Surabaya pada hari tersebut, tercatat sebanyak 16.529 pelanggan KA. Dari jumlah ini, stasiun tujuan paling favorit adalah Stasiun Surabaya Pasarturi dengan 4.722 pelanggan, diikuti oleh Stasiun Surabaya Gubeng dengan 4.698 pelanggan, dan Stasiun Malang dengan 3.348 pelanggan.

Dalam rentang waktu masa angkutan lebaran 2024, mulai dari 31 Maret hingga Rabu, 3 April, KAI Daop 8 Surabaya telah melayani 51.872 pelanggan yang berangkat dan kedatangan 64.077 pelanggan. KAI Daop 8 Surabaya menetapkan masa angkutan lebaran 2024 mulai 31 Maret hingga 21 April 2024, selama 22 hari. Jumlah ini mencerminkan betapa tingginya mobilitas masyarakat menjelang hari raya.

Baca Juga: Agamanya Apa? Profil Hadi Dediyansah, Politisi Gerindra yang Tak Gentar Lawan Eri Cahyadi di Pilkada 2024

Luqman Arif menambahkan, berdasarkan data yang ada, KAI Daop 8 Surabaya memperkirakan puncak kepadatan pelanggan arus mudik lebaran akan terjadi pada Jumat, 5 April, hingga Senin, 8 April, atau H-5 hingga H-2 lebaran. "Berdasarkan data pagi ini, keberangkatan pada tanggal 5-7 April terjual lebih dari 22 ribu tiket per hari. Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung," terangnya.

Halaman:

Editor: Budi W


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x