Polda Jatim Gencarkan Test Urine bagi Sopir Angkutan Umum Pasca Kasus Penggunaan Narkoba

- 13 April 2024, 14:05 WIB
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto saat memberikan keterangan pers
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto saat memberikan keterangan pers /Humas Polda Jatim

PR JATIM - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Dirmanto, mengumumkan bahwa setelah ditemukan salah seorang sopir bus jurusan Blitar – Bandar Lampung positif menggunakan narkoba saat pemeriksaan di Terminal Gayatri Kabupaten Tulungagung, langkah tegas diambil untuk mencegah kasus serupa terjadi di masa mendatang.

Kombes Pol Dirmanto menyatakan bahwa seluruh Polres di bawah naungannya akan menggencarkan test urine bagi para sopir angkutan umum.

Temuan ini berawal dari tindakan Polres Tulungagung yang berhasil mengungkap kasus seorang sopir bus yang positif mengonsumsi psikotropika Amphetamine dan Methamphetamine saat dilakukan tes urin dan rampcheck kendaraan angkutan umum.

Baca Juga: Inilah Aturan Seragam Sekolah Baru Untuk SD, SMP, SMA Tahun 2024 Dari Kemendikbud

"Saat ini sedang ditangani oleh Satresnarkoba Polres Tulungagung untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Kombes Dirmanto, seperti dikutip PR Jatim dari laman resmi Humas Polri, Sabtu 13 April 2024.

Langkah ini diambil dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan selama periode mudik Lebaran.

Operasi Ketupat Semeru 2024 yang digelar oleh Polda Jatim bertujuan untuk mewujudkan mudik ceria penuh makna bagi masyarakat dengan berbagai upaya, termasuk pengawasan ketat terhadap para sopir angkutan umum.

Baca Juga: Ternyata, Erick Thohir bertemu Emil Audero Hanya Sampaikan Hal Ini

"Dengan ditemukannya satu orang sopir yang positif menggunakan narkoba, maka pemeriksaan terhadap semua sopir bus di semua terminal yang ada di Jawa Timur akan digencarkan terutama pada masa Operasi Ketupat Semeru 2024," jelas Kombes Dirmanto.

Tes urine tidak hanya akan dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba, tetapi juga sebagai bagian dari rampcheck untuk memastikan kondisi armada bus dan kesiapan para sopir selama masa angkutan lebaran guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Halaman:

Editor: Ainur Rofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah