Bukan Cak Imin, Tokoh NU ini Jadi Calon Penantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024, Siapa Dia?

- 15 Mei 2024, 21:36 WIB
Khofifah bersama Ketum PAN Zulifli Hasan, Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah dan tokoh ulama terkenal di Jatim seperti Prof. Dr. KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto
Khofifah bersama Ketum PAN Zulifli Hasan, Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah dan tokoh ulama terkenal di Jatim seperti Prof. Dr. KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto /Instagram @khofifah.ip

PR JATIM – Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, sempat dikabarkan akan melawan Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2024 atau Pilkada Jatim 2024. Namun kabar terbaru, tokoh NU yang juga seorang ulama ini berpotensi menjadi penantang Khofifah.

Nama tokoh NU itu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Jawa Timur, yakni mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar atau yang akrab disapa dengan Kiai Marzuki.

Mencuatnya nama Kiai Marzuki sebagai calon penantang Khofifah itu setelah lembaga survei, Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei Pilgub Jatim 2024.

Baca Juga:

Hasil Survei Terbaru Pilgub Jatim 2024 Versi ARCI

 KH Marzuki Mustamar (duduk).
KH Marzuki Mustamar (duduk). Foto : IG @ponpesgasek

Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis peta politik terbaru di Pilgub Jatim 2024 pada Rabu, 15 Mei 2024. Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Khofifah Indar Parawansa masih menjadi yang tertinggi, yakni 49,3 persen.

Namun yang mengejutkan, muncul nama KH Marzuki Mustamar di urutan kedua dengan elektabilitas 20,5 persen. Disusul Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad di angka 17,7 persen.

Saat dilakukan simulasi head to head antara Khofifah vs Kiai Marzuki, elektabilitas Gubernur Jawa Timur 2019-2024 ini semakin kokoh di angka 59,5 persen. Sedang Kiai Marzuki di level 23,7 persen.

Namun masih ada 16,8 persen responden yang belum menjawab atau belum menentukan.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah