Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Cak Durasim Memperingati Ulang Tahun Taman Budaya Jawa Timur

- 18 Mei 2024, 10:18 WIB
Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Cak Durasim Memperingati Ulang Tahun Taman Budaya Jawa Timur
Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Cak Durasim Memperingati Ulang Tahun Taman Budaya Jawa Timur /Budi W/PR Jatim

PR JATIM - Sebagai bagian dari ritual tahunan menjelang ulang tahunnya, UPT Taman Budaya - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur menggelar ziarah dan tabur bunga di makam tokoh legendaris ludruk Cak Durasim di pemakaman Tembok Gede Surabaya.

Acara ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan pengingatan akan jasa-jasa Cak Durasim dalam dunia seni ludruk.

Pimpinan UPT Taman Budaya-Disbudpar Jatim, Ali Ma’ruf, memimpin acara yang dimulai dengan syukuran pemotongan tumpeng di kantor UPT Taman Budaya-Disbudpar Jatim.

Baca Juga: Taman Budaya Jawa Timur Memperkenalkan Logo Spesial untuk Memperingati 46 Tahun Keberadaannya, Ini Maknanya

Ziarah dilakukan bersama dengan staf, mereka mengucapkan doa dan menaburkan bunga di makam Cak Durasim sebagai tanda penghormatan atas perjuangannya.

Ali Ma’ruf menekankan bahwa Cak Durasim, sebagai tokoh ludruk legendaris, telah menjadi korban penjajah Jepang karena perlawanannya menggunakan media ludruk.

"Nama Cak Durasim diabadikan sebagai nama Gedung Kesenian di kompleks Taman Budaya Jawa Timur sebagai penghargaan atas dedikasinya dalam dunia seni" katanya, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 17 Mei 2024.

Baca Juga: Festival Kresnayana: Memperingati 46 Tahun Taman Budaya Jawa Timur dengan Lakon Suryaning Jagad

Tahun 2024 menandai ulang tahun ke-46 Taman Budaya Jawa Timur berdiri. Ali Ma’ruf berharap bahwa ritual ziarah ini dapat membangkitkan semangat dan etos kerja seluruh keluarga besar Taman Budaya Jawa Timur serta para seniman untuk terus mengabdi, melayani, melestarikan, dan mengembangkan kesenian.

Halaman:

Editor: Budi W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah