Didukung 4 Parpol Koalisi Prabowo, Bayu Airlangga Jadi Lawan Kuat Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya 2024

- 18 Mei 2024, 18:19 WIB
Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim, Bayu Airlangga dan Eri Cahyadi
Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim, Bayu Airlangga dan Eri Cahyadi /

PR JATIM - Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim, Bayu Airlangga, berpeluang tarung melawan Wali Kota Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya 2024 atau Pilkada Surabaya 2024. Bayu Airlangga yang didukung parpol koalisi Prabowo-Gibran dinilai menjadi lawan sepadan Eri Cahyadi yang akan diusung PDIP.

Nama Bayu Airlangga belakangan terus menguat di Pilwali Surabaya 2024 setelah mendapat sinyal dukungan dari Partai Golkar, Partai Gerindra, PSI dan PKS.

Jika berkoalisi, 4 parpol ini total memiliki 23 kursi DPRD Surabaya hasil Pemilu 2024. Jumlah kursi ini sudah lebih dari cukup untuk membentuk poros baru di Pilwali Surabaya 2024 untuk menyaingi PDIP.

Baca Juga:

Di sisi lain, Bayu Airlangga memiliki modal elektabilitas yang lumayan. Ditambah lagi ada nama besar Soekarwo alias Pakde Karwo, mantan Gubernur Jatim dua periode yang sekarang duduk sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Elektabilitas Bayu Airlangga

Berdasarkan survei ARCI, elektabilitas Bayu Airlangga di angka 8,7 persen, masih di bawah Eri Cahyadi dan Armuji. Namun elektabilitas pengurus DPD Partai Golkar Jatim itu diprediksi bakal meningkat jika sudah melakukan sosialisasi.

"Berdasarkan survei kami pada medio April 2024, elektabilitas Bayu sebagai bakal calon wali kota sudah di angka 8,7 persen. Dia potensial melawan Eri Cahyadi," kata pengamat politik dari lembaga survei ARCI Baihaki Sirajt dalam keterangannya yang dikutip Antara, Sabtu 18 Mei 2024.

Baihaki menyatakan angka elektabilitas 8,7 persen masih terbilang bagus, sebab masa kampanye Pilkada 2024 masih belum dimulai.

Lebih lanjut, kata dia, elektabilitas itu diprediksinya meningkat saat nantinya Bayu turun melakukan sosialisasi hingga memasang alat peraga kampanye.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah