Inilah Syarat dan Biaya Mengurus SIM C1

- 29 Mei 2024, 10:30 WIB
SIM C1 Resmi Diterbitkan, Ini Jenis Kendaraan dan Syarat Untuk Mendapatkannya Serta Tujuannya. -f/istimewa/Korlantas Polri
SIM C1 Resmi Diterbitkan, Ini Jenis Kendaraan dan Syarat Untuk Mendapatkannya Serta Tujuannya. -f/istimewa/Korlantas Polri /

PR JATIM - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah meresmikan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1, khusus untuk pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin 250 cc hingga 500 cc.

Peresmian SIM C1 ini dilakukan pada Senin (27/5/2024) lalu.

Baca Juga: NasDem Potensi Usung Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024

Peluncuran SIM C2 di Tahun Depan

Mengutip dari laman resmi Korlantas Polri, setelah peluncuran SIM C1, Korlantas Polri juga berencana meluncurkan SIM C2 pada tahun depan.

SIM C2 ini ditujukan bagi pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 500 cc.

Baca Juga: Inilah Nama-nama 120 Anggota DPRD Jatim Terpilih untuk Periode 2024-2029 Ditetapkan KPU

Syarat Membuat SIM C1

Untuk membuat SIM C1, ada syarat khusus yang harus dipenuhi oleh pengendara motor, yaitu sudah memiliki SIM C selama minimal satu tahun.

"Ini sebenarnya amanat Perpol tahun 2021 ya, amanat Perpol 05 2021 baru kami realisasikan tiga tahun kemudian. Dengan ini sudah mulai diberlakukan ya di seluruh Satpas di seluruh Indonesia," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan.

Baca Juga: LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan, Ini Rinciannya

Alasan Diberlakukannya SIM C1

Menurut Irjen Pol Aan Suhanan, penerbitan SIM C1 dilakukan untuk memastikan kemampuan atau kompetensi pengendara motor dalam mengendarai motor-motor dengan kapasitas besar.

Halaman:

Editor: Ainur Rofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah