Ingin Tukar Uang Rupiah Lebaran 2024? Begini Caranya

- 26 Maret 2024, 18:10 WIB
Cara dan Jadwal Tukar Uang Layak Edar di Banyumas Lebaran 2024, Ini Paket Penukaran Kas Keliling BI Purwokerto
Cara dan Jadwal Tukar Uang Layak Edar di Banyumas Lebaran 2024, Ini Paket Penukaran Kas Keliling BI Purwokerto /ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/

PR JATIM - Bank Indonesia (BI) telah menegaskan komitmennya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya menjelang momen Ramadan dan Idulfitri 2024.

Dalam rangka ini, BI telah menyiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp197,6 triliun, meningkat 4,65% dari tahun sebelumnya. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri serta pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang ini diselenggarakan dalam acara Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 yang bertema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

Baca Juga: THR ASN Pusat Sudah Terima, THR ASN Daerah Masih Menunggu, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Dalam kesempatan peluncuran SERAMBI 2024, Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono, menjelaskan berbagai upaya penguatan program, termasuk penambahan jumlah paket penukaran menjadi maksimal Rp 4 juta, modernisasi armada kas keliling, dan penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada Aplikasi PINTAR.

Mulai tanggal 15 Maret hingga 7 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang Rupiah melalui Layanan Kas Keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan modern, serta Layanan Penukaran Terpadu di beberapa lokasi khusus.

Baca Juga: Warganet Dukung Ustadz Hilmi untuk Hentikan Penayangan Film 'Kiblat', Ini Alasannya

Untuk memudahkan proses penukaran uang, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui Aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

SERAMBI 2024 juga menjadi momen penting bagi BI untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai, bangga, dan memahami Rupiah sebagai alat pembayaran sah dan simbol kedaulatan bangsa.

Halaman:

Editor: Ainur Rofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah