Menteri ATR-BPN : Masyarakat Bisa Urus Sertifikat Tanah di Hari Sabtu dan Minggu tanpa Calo

- 19 April 2024, 16:26 WIB
Menteri ATR-BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sertifikat tanah rumah ibadah gereja saat perayaan Paskah di Citrland Hall Kota Surabaya, Jumat 19 April 2024.
Menteri ATR-BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sertifikat tanah rumah ibadah gereja saat perayaan Paskah di Citrland Hall Kota Surabaya, Jumat 19 April 2024. /PR Jatim/Ali Mahfud

PR JATIM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR-BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengimbau masyarakat agar mengurus sertifikat tanah tidak melalui pihak ketiga alias calo.

Pasalnya, di setiap Kantor BPN terdapat Loket Prioritas dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) yang dikhususkan bagi warga yang ingin mengurus administrasi tanah secara langsung, tidak diwakili pihak ketiga.

"Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Loket Prioritas ini diperuntukkan bagi masyarakat tanpa kuasa (pihak ketiga atau calo, red). Masyarakat bisa langsung melaporkan, mengadukan dan pengecekan administrasi pertanahan, terbuka setiap saat," kata Menteri AHY di sela-sela kunjungannya menghadiri Perayaan Paskah di Ciputra Hall Kota Surabaya, Jumat 19 April 2024.

Baca Juga: Menteri ATR-BPN Bagikan Puluhan Sertifikat Rumah Ibadah di Surabaya dan Sidoarjo, Ini Daftar Penerimanya

Bahkan, lanjut AHY, Kantor BPN tetap melayani masyarakat pada Sabtu dan Minggu melalui Program Pelataran yang dikhususkan memberikan pelayanan pengurusan administrasi pertanahan di akhir pekan.

"Jadi kalau Senin sampai Jumat kerja, Sabtu dan Minggu bisa urus di BPN tanpa harus melalui perantara. Ini akan sangat membantu masyarakat," tandas AHY.

Ia berharap hadirnya ATR-BPN yang semakin responsif, bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum hak atas tanahnya.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tidak ragu-ragu mengecek aset tanahnya, mungkin ada sengketa atau sertifikatnya yang hilang," cetus AHY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini.

AHY Apresiasi Layanan BPN Surabaya 1

Terkait pelayanan di Kantor BPN Surabaya 1, AHY sangat mengapresiasi. Menurutnya, BPN Surabaya 1 merupakan kantor yang ideal. Baik dari segi luasnya, bangunannya maupun kelengkapannya.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah