Tolak Tol Tengah Kota, Eri Cahyadi akan Bangun Jalan Baru Bandara Juanda - Tanjung Perak, Begini Konsepnya

- 17 April 2024, 22:20 WIB
Proyek Surabaya East Ring Road (SERR) bakal menghubungkan Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak, juga terkoneksi dengan MERR/JLLT
Proyek Surabaya East Ring Road (SERR) bakal menghubungkan Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak, juga terkoneksi dengan MERR/JLLT /PR JATIM/Ali

PR JATIM - Masih ingat proyek Tol Tengah Kota yang ditolak Tri Rismaharini saat masih Wali Kota Surabaya? Proyek infrastruktur itu kini menjadi perhatian Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya saat ini.

Namun bukan berarti Tol Tengah Kota dengan rute Aloha-Wonokromo-Tanjung Perak itu akan dibangun Pemkot Surabaya. Justru Wali Kota Eri Cahyadi punya rencana lain, tapi memiliki tujuan yang serupa.

Sebagai pengganti Tol Tengah Kota, Eri Cahyadi merencanakan pembangunan Surabaya East Ring Road (SERR). Jalan baru ini akan menghubungkan Juanda (Sidoarjo) dan Tanjung Perak (Surabaya).

Dengan adanya SERR, diharapkan memperlancar arus lalu lintas kendaraan yang akan ke Bandara Juanda maupun Pelabuhan Tanjung Perak.

Rencana proyek SERR yang akan terkoneksi dengan JLLT (Jalur Lingkar Luar Timur) atau MERR ini sudah diusulkan ke Pemerintah Pusat.

"SERR sudah kita sampaikan kepada pemerintah pusat, kita lagi tentukan (jalurnya). Kalau sudah clear, baru kita lakukan pembebasan lahan," kata Wali Kota Eri Cahyadi, Rabu, 17 April 2024.

Rencananya, proyek SERR ini akan melibatkan banyak pihak, mulai dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) hingga Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR).

Konsep Infrastruktur SERR dan Jalurnya

Eri Cahayadi menyambaikan pembebasan lahan untuk proyek SERR rencananya akan dilakukan gabungan antara Pemkot Surabaya dan pemerintah pusat. Namun sebelum tahap itu dilakukan, maka ditentukan untuk jalur proyek tersebut.

"Jadi kita pastikan jalurnya dulu, baru dilakukan pembebasan. Dan SERR juga terkoneksi dengan JLLT karena untuk menyelesaikan masalah kemacetan," papar Eri Cahyadi.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah