15 Persen Peningkatan Trafik Data XL Axiata Selama Libur Lebaran, Jawa Timur Tertinggi

- 19 April 2024, 20:45 WIB
Peningkatan Trafik Data XL Axiata Selama Libur Lebaran, Jawa Timur Tertinggi
Peningkatan Trafik Data XL Axiata Selama Libur Lebaran, Jawa Timur Tertinggi /PR Jatim/

PR JATIM - Selama masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di seluruh Jawa Timur. Berdasarkan data dari Customer Experience & Service Operation Center di XL Axiata Tower, Jakarta, terjadi lonjakan trafik layanan data secara rata-rata sebesar 15% dibandingkan hari biasa sebelum Ramadan.

Lonjakan tertinggi terjadi di Banyuwangi dengan kenaikan mencapai 64%, yang disebabkan oleh antusiasme masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik dan berlibur merayakan Lebaran.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam sebuah pernyataan menyatakan bahwa persiapan yang matang dilakukan XL Axiata telah memungkinkan mereka memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran.

Baca Juga: Menteri ATR-BPN : Masyarakat Bisa Urus Sertifikat Tanah di Hari Sabtu dan Minggu tanpa Calo

Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, bersiaga penuh selama masa krusial tersebut untuk mengatasi lonjakan trafik data. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16%, dengan dominasi layanan streaming mencapai 59%.

Sementara itu, Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, menekankan bahwa kenaikan trafik ini tidak terlepas dari mobilitas masyarakat yang meningkat selama libur Lebaran. "Selama periode libur, XL Axiata juga mampu menjaga kualitas jaringan tanpa laporan gangguan yang signifikan" ujarnya, Surabaya, Jawa Timur, Jumat 19 April 2024.

Kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jawa Timur selama periode Lebaran 2024 terjadi di beberapa kabupaten, seperti Banyuwangi, Nganjuk, Sampang, dan Jember. Selain itu, sejumlah lokasi wisata populer juga mengalami kenaikan trafik hingga 205%.

Baca Juga: Menteri ATR-BPN Bagikan Puluhan Sertifikat Rumah Ibadah di Surabaya dan Sidoarjo, Ini Daftar Penerimanya

Pola penggunaan layanan data juga mencerminkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Layanan streaming mendominasi dengan kenaikan signifikan di beberapa aplikasi seperti gim, YouTube, TikTok, Netflix, dan Spotify.

Halaman:

Editor: Budi W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah