Bank Indonesia Jawa Timur Dorong Digitalisasi Lewat Layanan Penukaran Tematik Dengan Qris

- 30 Maret 2024, 11:23 WIB
Warga mengantri menukarkan uangnya daat berlangsungnya Layanan Serambi di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 30 Maret 2024.
Warga mengantri menukarkan uangnya daat berlangsungnya Layanan Serambi di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 30 Maret 2024. /PR Jatim/Budi W

PR JATIM - Bank Indonesia menunjukkan komitmennya dalam menyebarkan kebahagiaan kepada masyarakat Jawa Timur menjelang Ramadan dan Idul Fitri dengan menyediakan layanan kas di Grand City Surabaya. Sebagai bagian dari inisiatif tersebut, Bank Indonesia menyediakan jumlah uang sebesar 23,2 triliun, meningkat 4 triliun dari tahun sebelumnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Erwin Gunawan Hutapea, menjelaskan bahwa kerja sama antara Bank Indonesia dan perbankan meliputi penyediaan uang tunai, layanan kas, dan edukasi keuangan.

"Dalam kegiatan ini, Bank Indonesia dan 14 perbankan berpartisipasi dengan menyediakan layanan terpadu di Grand City Surabaya, melayani 3000 penukar yang telah mendaftar melalui aplikasi pintar" ujarnya, di Grand City Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 30 Maret 2024.

Selain layanan kas reguler, Bank Indonesia juga menyelenggarakan layanan penukaran tematik di berbagai lokasi, termasuk ziarah wali di Sunan Ampel dan Ponpes Sunan Drajat, serta kegiatan di rest area jalan tol, pelabuhan, stasiun, dan bandara. Dalam upaya untuk mendorong digitalisasi, masyarakat didorong untuk menggunakan Qris sebagai alat penukaran melalui sistem quick respon Indonesian standar.

Baca Juga: Kesiapan Bank Mandiri Menyambut Idul Fitri: Memastikan Kelancaran Transaksi dan Kebutuhan Uang Tunai

Dalam edukasi keuangan, masyarakat diingatkan untuk melakukan penukaran di layanan resmi guna menghindari risiko mendapatkan uang palsu atau biaya tambahan. Bank Indonesia juga menekankan pentingnya belanja bijak dan pengelolaan keuangan yang bertanggung jawab menjelang dan setelah Idul Fitri untuk menghindari terjebak dalam utang yang berlebihan.

Peningkatan penggunaan Qris sebagai alat penukaran tidak hanya merupakan upaya untuk memudahkan akses masyarakat, tetapi juga sebagai langkah dalam mendorong pertumbuhan digitalisasi yang lebih besar. Dengan demikian, Bank Indonesia terus berupaya untuk memfasilitasi masyarakat dalam menyambut perayaan Ramadan dan Idul Fitri dengan lebih bahagia dan bertanggung jawab secara finansial.***

Editor: Budi W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah