10 Wisata Geopark Paling Cantik di Indonesia, Dua Destinasi di Jatim dan Baru Saja Bikin Gempar Dunia

- 27 April 2024, 12:11 WIB
10 Wisata Geopark Paling Cantik di Indonesia, Dua Destinasi di Jatim dan Baru Saja Bikin Gempar Dunia
10 Wisata Geopark Paling Cantik di Indonesia, Dua Destinasi di Jatim dan Baru Saja Bikin Gempar Dunia /

PR JATIM - Indonesia memiliki 10 wisata geopark yang sudah mendunia dan ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Keindahan alamnya tak diragukan lagi, hingga turis asing berbondong-bondong mendatangi daftar 10 wisata geopark paling cantik di Indonesia.

Menariknya, dari 10 wisata geopark paling cantik di Indonesia itu, dua diantaranya berada di Jawa Timur (Jatim). Sebut saja Kawasan Gunung Ijen di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso.

Baru-baru ini geopark Gunung Ijen bikin gempar dunia setelah wisatawan dari China tewas terperosok masuk kawah gunung berapi tersebut. Wisatawan berinisial HL (31 tahun) itu jatuh ke jurang sedalam 75 meter, lantaran kakinya keserimpet rok saat foto-foto di kawasan Taman Wisata Alam Kawah Gunung Ijen.

Baca Juga:

Sebagai informasi, geopark merupakan kawasan geografis yang memiliki warisan geologi dan keanekaragaman geologi bernilai tinggi. Geopark ini mencakup keanekaragaman hayati dan budaya, sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

Lalu, di mana saja 10 wisata geopark Indonesia yang sudah mendunia dan ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG)? Simak ulasan berikut ini yang dirangkum dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini pada Sabtu, 27 April 2024.

1. Geopark Ijen

Blue Fire di Kawah Ijen, Indonesia menjadi yang terbesar di dunia
Blue Fire di Kawah Ijen, Indonesia menjadi yang terbesar di dunia

Gunung Ijen secara administratif terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Geopark Ijen turut sukses masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark.

Daya tarik Geopark Ijen tidak sekadar keunikan geologi dan budaya saja. Melainkan, juga adanya fenomena alam blue fire di kawasan Gunung Ijen yang telah mendunia.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah