Analisis Kinerja dan Proyeksi Global: Pertumbuhan Ekonomi 3,2%, Ini Langkah Strategis Bank Indonesia

- 27 Juni 2024, 17:50 WIB
Pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2024.
Pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2024. /Budi W/PR Jatim/

PR JATIM - Tahun 2023 melihat Indonesia mengambil langkah signifikan dengan pengesahan Undang-Undang B2 SK, yang menekankan pentingnya menjaga stabilitas ekonomi melalui strategi-strategi krusial. Hal ini disampaikan oleh PLH Kepala Perwakilan BI Jawa Timur dalam acara Bincang Bareng Media di Surabaya pada Kamis, 27 Juni 2024.

"Mandat pertama adalah menjaga dan mencapai stabilitas nilai tukar rupiah, sementara yang kedua adalah memelihara kestabilan sistem pembayaran dan keuangan," ungkapnya.

Langkah-langkah ini merupakan bagian dari kerja sama erat antara Indonesia, OJK, dan Kementerian Keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca Juga: Suku Bunga Mandek, BI Rate Sia-Sia?

Pada triwulan pertama 2024, Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,2%, mencerminkan ketahanan dari tahun sebelumnya.

Proyeksi pertumbuhan global yang positif, terutama di India dan Tiongkok, diharapkan akan memperkuat prospek ekonomi global secara keseluruhan.

Dalam hal inflasi, terjadi penurunan signifikan menjadi 2,84% pada triwulan pertama 2024 dari 5,5% pada tahun sebelumnya, berkat koordinasi kebijakan moneter yang efektif.

Bank Indonesia telah mengambil langkah-langkah proaktif, termasuk intervensi pasar uang untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, sementara suku bunga acuan tetap stabil di 6,25%.

Baca Juga: Rupiah Terpuruk, Akankah BI Naikkan Suku Bunga di RDG Besok?

Halaman:

Editor: Budi W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah